MAKALAH EVALUASI RENSTRA PT PELNI DI STIA LAN

Unknown



I.         PENDAHULUAN
PT. Pelayaran Nasional Indonesia atau yang lebih dikenal dengan PT. Pelni berdiri pada tanggal 28 April 1952 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor M2/1/2 tanggal 28 April 1952 dan Nomor A2/1/1 tanggal 19 April 1952 dengan nama PT. Pelayaran Nasional Indonesia serta dituangkan dalam Berita Negara Republik Indonesia Nomor 50 tanggal 20 Juni 1952. PT. Pelni (Persero) mengalami dua kali perubahan status hingga saat ini. Pada tahun 1961, Pemerintah menetapkan perubahan status dari Perusahaan Perseroan menjadi Perusahaan Negara (PN) dan dicantumkan dalam Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor LN 1961. Kemudian pada tahun 1975,
status perusahaan diubah dari Perusahaan Negara (PN) menjadi Perseroan Terbatas (PT) sesuai dengan Akta Pendirian Nomor 31 tanggal 30 Oktober 1975. Perubahan tersebut dicantumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia Nomor 5621976 dan Tambahan Berita Negara Republik Indonesia Nomor 60 tanggal 27 Juni 1976 dan Akta Perubahan Nomor 22 tanggal 4 Maret 1998 tentang Anggaran Dasar PT. Pelayaran Nasional Indonesia yang diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia tanggal 16 April 1999 Nomor 31 tambahan Berita Negara Nomor 2203, beserta perubahan terakhir dalam Akta Pernyataan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara selaku Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Perseroan (Persero) Nomor 2 tanggal 10 Juni 2013 yang dibuat di hadapan Nanda Fauz, SH, MKn, Notaris di Jakarta yang dimuat dalam Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor AHUAH.01.1024392 tanggal 17 Juli 2013.
PT. Pelni (Persero) mengoperasikan 30 (tiga puluh) kapal dengan berbagai tipe hingga saat ini, sebagaimana disajikan di bawah ini.
Tipe Caraka Jaya Niaga
·         KM. Caraka Jaya Niaga III4 // 1988 Cargo Carrier 3.272
·         KM. Caraka Jaya Niaga III-22 // 1993 Cargo Carrier 3.650
·         KM. Caraka Jaya Niaga III-32 // 1994 Cargo Carrier 3.650
Tipe Pax 500
·         KM. Pangrango // 1996 Passenger Carrier 400
·         KM. Sangiang // 1998 Passenger Carrier 400
·         KM. Wilis // 1999 Passenger Carrier 400


Tipe Pax 1000
·         KM. Kelimutu // 1985 Passenger Carrier 1.450
·         KM. Lawit // 1986 Passenger Carrier 1.450
·         KM. Tatamailau // 1990 Passenger Carrier 1.400
·         KM. Sirimau // 1990 Passenger Carrier 1.400
·         KM. Awu // 1991 Passenger Carrier 1.400
·         KM. Leuser // 1993 Passenger Carrier 1.400
·         KM. Binaiya // 1994 Passenger Carrier 1.400
·         KM. Bukit Raya // 1994 Passenger Carrier 1.400
·         KM. Tilong Kabila // 1994 Passenger Carrier 1.400
Tipe Pax 2000
·         KM. Umsini // 1985 Passenger Carrier 3.434
·         KM. Tidar // 1988 Passenger Carrier 3.200
·         KM. Bukit Siguntang // 1996 Passenger Carrier 3.375
·         KM. Lambelu // 1996 Passenger Carrier 3.375
·         KM. Sinabung // 1997 Passenger Carrier 3.375
·         KM. Kelud // 1998 Passenger Carrier 3.375
·         KM. Dorolonda // 2000 Passenger Carrier 3.175
·         KM. Nggapulu // 2002 Passenger Carrier 3.175
·         KM. Gunung Dempo // 2007 Passenger Carrier 4.026
Tipe Pax 3000
·         KM. Labobar // 2004 Passenger Carrier 3.175
Tipe RoRo
·         KM. Dobonsolo // 1992 Ro-Ro/Passenger 3.200
·         KM. Ciremai // 1992 Ro-Ro/Passenger 3.200
·         KM. Ganda Dewata // 1978 Ro-Ro/Passenger 2.766
·         KM. Egon // 1983 Ro-Ro/Passenger 800
Tipe High Speed Vessel
·         KFC Jet Liner // 1996 Passenger Carrier 600
Selain pengoperasian armada kapal untuk menunjang usaha inti perusahaan, PT. Pelni (Persero) memiliki (empat puluh enam) cabang yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia



II.      PEMBAHASAN
Visi adalah suatu pandangan jauh tentang perusahaan, tujuan - tujuan perusahaan dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut pada masa yang akan datang. Visi itu tidak dapat dituliskan secara lebih jelas menerangkan detail gambaran sistem yang ditujunya, dikarenakan perubahan ilmu serta situasi yang sulit diprediksi selama masa yang panjang tersebut. Sedangkang Misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh lembaga dalam usahanya mewujudkan Visi. Misi perusahaan adalah tujuan dan alasan mengapa perusahaan itu ada. Misi juga akan memberikan arah sekaligus batasan proses pencapaian tujuan:
VISI
“Menjadi perusahaan pelayaran yang tangguh dan pilihan utama pelanggan”
NILAI UTAMA
§  Integritas (integrity)
§  Layanan berkualitas (service excellence)
§  Pembelajaran berkesinambungan (continuous learning)
§  Kepedulian (careness)
Visi PT. Pelni (Persero) memiliki makna sebagai berikut :
Ø  Tangguh
1.      Pertumbuhan perusahaan maksimal (company’s value growth) ;
2.      Center of excellence usaha pelayaran nasional, yang meliputi sumber daya manusia, produksi, distribusi, pelayanan dan keselamatan dan kesehatan lingkungan ;
3.      Memiliki jaringan trayek Nusantara yang optimal.
Ø  Pilihan utama pelanggan
1.      Fokus pada kepentingan masyarakat sebagai pengguna jasa dalam memberikan pelayanan prima ;
2.      Load factor minimum90 persen untuk penumpang dan 90 persen untuk barang.
Elemen Visi
Ya / Tidak
Keterangan
Visi harus jelas
·         Apakah jelas?
Ya
Visi PT Pelni (Persero) sudah memenuhi kriteria dari elemen visi tersebut
·         Apakah saya mengerti?
Ya
·         Apakah jelas bagi saya?
Ya
·         Apakah akan jelas kepada orang lain?
Ya
Visi harus menantang
·         Apakah menantang?
Ya
Dengan visi yang ada, menantang bagi semua elemen PT Pelni (Persero) untuk dapat mewujudkan tercapainya visi
·         Apakah itu menantang saya?
Ya
·         Jika demikian, itu akan menantang orang lain?
Ya
·         Apa respon emosional terhadap pernyataan visi ketika itu disajikan?
Ya
Visi adalah sebuah gambaran
·         Apakah mimpi tersebut bisa divisualisasikan?
Ya
Bisa, dengan dukungan semua pihak, baik dari lingkungan internal PT Pelni (Persero) dan pemerintah
Visi adalah masa depan dari sekarang
·         Apakah bisa menciptakan gambaran angan-angan dari masa depan pelayanan?
Ya
Fokus pada kepentingan masyarakat sebagai pengguna jasa dalam memberikan pelayanan prima
Visi bisa diwujudkan
·         Apakah saya percaya visi ini dapat diwujudkan?
Ya
Percaya dapat diwujudkan dengan program dan kegiatan yang baik pula
Visi mencerminkan kondisi yang menjadi keharusan
·         Apakah itu layak?
Ya
Visi yang baik layak untuk diwujudkan dan menjadi kewajiban bagi pegawai PT Pelni (persero)  untuk mewujudkannya.
·         Apakah saya yakin bahwa hal itu harus?
Ya
Setelah penjabaran visi PT Pelni (persero) di atas kita bisa mengambil kesimpulan bahwa visi PT Pelni (persero) sudah sesuai dengan kriteria visi yaitu Realistis dan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki perusahaan, dan Menarik sehingga kita tertantang untuk meraihnya.


Misi
Untuk mencapai visi perusahaan, PT. Pelni (Persero) memiliki beberapa misi yang harus dilaksanakan, diantaranya adalah :
1.      Mengelola dan mengembangkan angkutan laut guna menjamin aksesibilitas masyarakat untuk menunjang terwujudnya Wawasan Nusantara ;
2.      Meningkatkan kontribusi pendapatan bagi negara, karyawan serta berperan di dalam pembangunan lingkungan dan pelayanan kepada masyarakat ;
3.      Meningkatkan nilai perusahaan melalui kreativitas, inovasi dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia ;
4.      Menjalankan usaha secara adil dengan memperhatikan azas manfaat bagi semua pihak yang terlibat (stakeholders) dan menerapkan Prinsip Good Corporate Governance.

Dalam mencapai visinya, PT. Pelni (Persero) memiliki komitmen untuk menerapkan tata nilai utama (core values), sebagai berikut:
§  Integritas (integrity), yakni setiap individu dalam perusahaan harus bertindak dengan integritas, kejujuran, konsisten, komitmen, berani dan dapat dipercaya, dalam rangka mencapai keunggulan dalam kinerja, berdasarkan tuntutan “stakeholders”.
§  Layanan berkualitas (service excellence), yakni setiap individu dalam perusahaan selalu fokus pada pelanggan untuk memberikan pelayanan prima dan memastikan produk/jasa yang dikerjakan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.
§  Pembelajaran berkesinambungan (continuous learning), yakni setiap individu dalam perusahaan harus mampu mentransformasikan dirinya secara berkelanjutan,  berdasarkan tuntutan yang sedang maupun akan terjadi. Kesemuanya itu dapat terjadi apabila selalu dipraktekkan semangat belajar dan mencari cara baru yang lebih baik
§  secara terus menerus (entrepreneurship), baik di tingkatan individu, kelompok maupun perusahaan.
§  Kepedulian (careness), yakni setiap individu dalam perusahaan wajib menjaga keselamatan, keamanan dan kesehatan lingkungan untuk pegawai, mitra kerja, pelanggan maupun masyarakat pada umumnya.
Analisis Misi
Dari misi di atas dapat dianalisis sebagai misi yang baik, yang pertama misi diawali kata kerja sebagai menunjukkan adanya perubahan status dan juga mudah dipahami bagi siapapun yang membacanya. Kemudian misi menjelaskan adanya kondisi yang akan diubah. Misi juga sejalan dengan visi atau upaya pencapaian visi organisasi dan berlaku pada periode tertentu. Misi juga menjembatani penjabaran visi ke dalam tujuan organisasi, dapat memberikan informasi bagaimana visi akan diwujudkan. Misi tersebut juga dapat menggambarkan tindakan disesuaikan dengan tugas pokok dan fungsi organisasi. Misi juga sudah memuat nilai pokok (core value) yang diberikan pada pemangku kepentingan. Dan yang paling utama misi tersebut sudah menggambarkan tugas dan fungsi organisasi.

Elemen Misi
Ya / Tidak
Keterangan
Pernyataan Tujuan
• Terdapat kata kerja yang menunjukkan perubahan status
Ya
Setiap poin dari misi terdapat kata kerja untuk perubahan
• Adanya kondisi yang akan diubah
Ya
Terdapat beberapa kondisi yang akan diubah sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan
Pernyataan Bisnis
• Terdapat kegiatan yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan?
Ya
Terdapat beberapa hal yang disampaikan di dalam misi yang berguna dalam pencapaian tujuan.
Nilai-nilai organisasi
• Terdapat kata-kata yang menjadi nilai-nilai sebagai keyakinan dasar yang dimiliki sebagai sebuah organisasi untuk dimasukkan ke dalam praktek.
Ya
Nilai-nilai perusahaan sudah termaktum dalam penyampaian misi.

Tujuan PT. Pelni (Persero)
Sesuai UndangUndang Nomor 19 Tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara, pada pasal 1 butir 1 dan 2, bahwa Badan Usaha Milik Negara atau BUMN adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian modalnya dimiliki oleh negara melalui penyertaan modal secara langsung yang berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan, yang modalnya terbagi dalam saham yang seluruhnya atau paling sedikit 51 persen sahamnya dimiliki oleh Negara Republik Indonesia yang tujuan utamanya mengejar keuntungan.
Dalam anggaran dasar PT. Pelni (Persero) dijelaskan bahwa tujuan perusahaan yakni turut serta melaksanakan dan menunjang kebijakan dan program Pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional di bidang usaha pelayaran dalam dan luar negeri untuk angkutan penumpang, hewan dan barang dalam bentuk unit curah kering atau cair dengan menerapkan prinsipprinsip pengelolaan perseroan terbatas, sesuai UndangUndang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.
PT. Pelni (Persero) sebagai perusahaan penyedia jasa angkutan umum (public carrier) yang dimiliki oleh Pemerintah dituntut harus mampu memberikan pelayanan secara regular yang menjangkau seluruh kepulauan Nusantara termasuk pelayanan ruterute perintis, rute remote area, serta penanganan transportasi pengungsi akibat kasus sosiopolitik dan bencana alam.

ANALISIS TUJUAN
Elemen Tujuan
Ya / Tidak
Keterangan
Tujuan harus sejalan dengan visi dan misi organisasi dan berlaku pada periode jangka menengah
Ya
Tujuan yang telah ditetapkan sesuan dengan visi dan misi dari PT Pelni (persero)
Tujuan harus dapat menunjukkan suatu kondisi yang ingin dicapai pada periode jangka menengah
Ya
Tujuan yang dibuat menunjukkan kondisi yang akan dicapai oleh PT Pelni (persero)
Tujuan harus dapat dicapai dengan kemampuan yang dimiliki
Ya
Tujuan sudah dibuat dengan melihat kemampuan dari seluruh Elemen PT Pelni (persero)
Tujuan harus dapat mengarahkan perumusan sasaran strategis, strategi dan kebijakan, serta program dan kegiatan guna merealisasikan misi
Ya
Tujuan tersebut memberikan arahan yang jelas bagi perumusan sasaran, strategi dan kebijakan PT Pelni (persero)
SASARAN STRATEGIS PT. PELNI (PERSERO)
Tujuan perusahaan kemudian diterjemahkan menjadi sasaran strategis. Definisi sasaran strategis adalah suatu pernyataan yang ringkas dan padat, menjelaskan apa yang organisasi harus lakukan dengan baik dalam rangka mengeksekusi strategi. Sasaran strategis perusahaan tersaji dalam 4 (empat) perspektif, yakni perspektif keuangan, perspektif pasar, perspektif proses bisnis, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Sasaran PT. Pelni (Persero) periode tahun 20152019 diuraikan sebagai berikut :
·         Perspektif Keuangan
Meningkatkan Shareholder Value
·         Perspektif Pasar
Meningkatkan Customer Satisfaction
·         Perspektif Proses Bisnis
Meningkatkan Operasional Layanan Penumpang
Mengoptimalkan Fleet Management
·         Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan
Meningkatkan Efektivitas Pengembangan Karyawan
Meningkatkan Efektivitas Kinerja Perusahaan
Analisis Sasaran
Elemen Sasaran
Ya / Tidak
Keterangan
·         Sasaran strategis yang ditetapkan harus merupakan ukuran pencapaian dari tujuan
Ya
Sasaran strategis PT Pelni adalah ukuran pencapaian dari tujuan yang telah dispesifikasikan.
·         Sasaran strategis mencerminkan berfungsinya outcomes dari semua program
Ya
Semua program PT Pelni (persero)  ditujukan untuk mencapai sasaran yang merupakan outcomes dan bersifat exact.
·         Sasaran strategis  harus dirumuskan dengan jelas dan terukur
Ya
Sasaran strategis PT Pelni (persero) telah dirumuskan dengan jelas dan terukur, penjelasannya ada di dalam manual KPI (Key Performance Indikator)
Sasaran strategis harus dilengkapi dengan target kinerja
Ya
Target kinerja secara spesifik telah di jabarkan.




INDIKATOR
Indikator Kinerja Utama dan Matriks Sasaran, Strategi, Kebijakan dan Program Kerja
a.      Indikator Kinerja Utama
NO
Key Performance Indicators
Target
2015
2019
1
EBITDA margin (%)
12,61
13,01
2
Restrukturisasi hutang SLA (Bulan)
JUNI
-
3
Jumlah penghasilan perkapalan (Rp. Juta)
4.237.726
4.875.238
4
Pax Factor (%)
70
75

b.      Matriks Sasaran, Strategi, Kebijakan dan Program Kerja
SASARAN
STRATEGI
KEBIJAKAN
PROGRAM KERJA
TAHUN
2015
2016
2017
2018
2019

Efisiensi biaya
Pengendalian
biaya berbasis
kinerja
Pengeluaran biaya
berdasarkan anggaran
dan pendapatan
Pembiayaan diprioritaskan untuk operasional
alat produksi dan investasi
ü
ü
ü
ü
ü
Memperbaiki
struktur
permodalan
perusahaan
Restrukturisasi
hutang SLA
Hutang pokok SLA
menjadi PMN, bunga
denda diangsur sesuai
sisa masa pinjaman
Revisi RPKP, melaksanakan uji tuntas (due
diligence) aspek keuangan dan hukum
ü
ü
ü
ü
ü
Ketersediaan
cash flow
untuk
membiayai
operasi
perusahaan
Optimalisasi
pengelolaan cash
flow
Menetapkan saldo
minimum cash
Melaksanakan cash polling melalui CMS (Cash
Management System)
ü
ü
ü
ü
ü
Ketersediaan
dana untuk
investasi
Mencari sumber
pendanaan dari
pihak ketiga
Melakukan
KSO/pinjaman
Mendapatkan sumber pendanaan yang
kompetitif
ü
ü
ü
ü
ü
Penyelesaian
piutangpiutang
yang
bermasalah
Menetapkan
tingkat risiko
masingmasing
piutang
Penjadwalan
pembayaran piutang
yang masih dapat
tertagih
Melakukan upaya hukum untuk penyelesaian
piutang
ü
ü
ü
ü
ü
Peningkatan
Penghasilan Kapal
Penumpang
Optimalisasi
Pemasaran
Kapasitas Muat
Kapal
Optimalisasi
Bidang Pemasaran &
Penjualan
1.      Meningkatkan penghasilan cargo dari kapal penumpang dengan penerapan tarif progresif peak season, diferensiasi tarif return cargo, dan menekan kerusakan Refeer Container
2.      Jasa Angkutan Barang Berharga Milik Negara Dengan Kapal Penumpang
ü















ü

ü















ü

ü















ü

ü















ü

ü















ü

Peningkatan
penghasilan dan
membantu
pengendalian
biaya
Memaksimal
kan potensi yang
dimiliki
Meningkatkan jumlah
armada kapal barang
dengan kondisi prima
sehingga mampu
menyasar pasar yang
lebih luas dan
memberikan
penawaran dengan
harga yang bersaing
Perencanaan, evaluasi dan usulan pengadaan
kapal barang milik
ü
ü
ü
ü
ü




III.      PENUTUP
Rencana strategis dilaksanakan dalam rangka peningkatan efisiensi dan dilaksanakan secara efektif. Rencana strategis PT Pelni (Persero) dibuat dengan tujuan memberikan sumbangan bagi perekonomian nasional dan peningkatan pendapatan negara. Program-program yang dilaksanakan serta pembangunan infrastruktur penunjang  yang dibangun diharapkan dapat meningkatkan pendapatan perusahaan dan kesejahteraan karyawan, dan renstra yang dibuat dapat sesuai dengan visi Presiden Republik Indonesia.

IV.   SARAN
Menurut saya PT PELNI (Persero) dalam membuat suatu Strategi untuk mencapai tujuan jangka panjang harus dikembangkan secara spesifik untuk setiap SBU (Setrategi Busines Unit) pengembangan itu bisa menggunakan cara Market penetration, product development, market development and diversification.
Untuk menentukan pasar yang akan dilayani, managemen harus menguji secara simultan daya tarik produk potensial dan pasar negara dan posisi persaingan perusahaan dalam pasar untuk menganalisa hal tersebut dapat di buat dengan cara analisis portfolio.
Dalam penentuan target kinerja keuangan, maka dalam program kerja dan kegiatan di tampilkan rancangan beserta besaran pembiayaan kegiatan tersebut.

Tentang Aku

Unknown / Author & Editor

cinta bagiku merupakan pengorbanan, cinta bagai ku adalah kesesuaiaan dan keseimbangan...jika pencarian cinta tiada henti dan memang ditakdirkan untuk ku maka aku menerimanya karena kepercayaan akan adanya cinta itu yang terpenting

0 komentar:

Posting Komentar